24 July 2024
25.9 C
Palu

Rabat Beton dan Drainase Mengubah Wajah Lingkungan Talise Valangguni

Must read

PALU – Sebuah perubahan besar telah terjadi di lingkungan RT 06 RW 05, Kelurahan Talise Valangguni, Sulawesi Tengah. Selama hampir 15 tahun, masyarakat di wilayah ini merindukan perbaikan infrastruktur yang tak pernah tersentuh oleh program perbaikan jalan sejak sebelum terjadinya gempa bumi 28 September 2018. Namun, harapan mereka akhirnya menjadi kenyataan, berkat upaya dari Organisasi Masyarakat Setempat (OMS) dan program Infrastruktur Skala Lingkungan (ISL) yang dikelola oleh Central Sulawesi Rehabilitation and Reconstruction Project (CSRRP).

RUSAK : Sebuah jalan di Kelurahan Talise Valangguni lingkungan RT 06 RW 05 yang rusak.

Salah satu warga, Asri Hi Karim, yang telah tinggal di wilayah ini sejak tahun 2009, menyatakan rasa terima kasih yang tak terhingga kepada program ISL. Perbaikan infrastruktur, termasuk jalan rabat beton dan drainase yang berkualitas, telah mengubah kehidupan mereka secara signifikan. Sekarang, mereka dapat menjalankan bisnis jualan online dengan lebih mudah, dan tempat tinggal mereka lebih mudah ditemukan oleh pembeli.

Rasman, S.Pd., M.Pd, Ketua RT 06 RW 05, juga mengungkapkan rasa terima kasih kepada ISL melalui OMS Talise Valangguni. Menurutnya, selama kurang lebih 10 tahun terakhir, salah satu jalan yang berbatasan dengan wilayah mereka belum pernah mendapatkan bantuan, sehingga warga merasa sangat khawatir. Namun, setelah proyek peningkatan jalan rabat beton dan pembuatan drainase dilaksanakan, harapan warga terwujud.

Proyek ini melibatkan partisipasi aktif masyarakat sejak tahap perencanaan hingga pelaksanaan, dan dikelola dengan sistem berbasis komunitas oleh Oversight Service Provider (OSP). Tujuan dari kegiatan ISL adalah untuk menciptakan layanan infrastruktur permukiman yang inklusif, aman, berketahanan, dan berkelanjutan di luar zona rawan bencana.

Selain memperbaiki infrastruktur, proyek ini juga membawa dampak positif lainnya. Warga kini merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia dengan semangat yang lebih tinggi, dengan memasang umbul-umbul dan bendera Merah Putih di sepanjang jalan. Jalan yang sebelumnya sangat curam dan berbahaya kini digunakan secara aktif oleh masyarakat di sekitar, memudahkan akses mereka ke berbagai layanan.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Bank Dunia telah bekerja keras untuk mendukung rehabilitasi dan rekonstruksi di Provinsi Sulawesi Tengah pasca bencana gempa bumi, tsunami, dan likuifaksi pada tahun 2018. Program ISL menjadi salah satu upaya yang berhasil mengubah kualitas hidup masyarakat di Talise Valangguni dan memberikan harapan baru bagi mereka. (who)

Latest article

More articles

WeCreativez WhatsApp Support
Silahkan hubungi kami disini kami akan melayani anda 24 Jam!!