19 May 2024
29.5 C
Palu

Poso Jadi Salah Satu Kota Peduli HAM Versi KemenkumHAM Sulteng

Must read

PALU – Kantor wilayah kementerian hukum dan hak asasi manusia (Kanwil KemenkumHAM Sulawesi Tengah (Sulteng) dalam pembinaan hukum dan HAM memiliki beberapa program pembinaan di antaranya kota/kabupaten Peduli HAM.

Kepala Kantor Wilayah Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah, Hermansyah Siregar, SH, MH, dalam keterangan persnya di sela-sela buka puasa bersama sejumlah media di Kota Palu, Senin (8/4/2024) mengungkapkan, untuk program pembinaan kota/ kabupaten sejak tahun 2023, ada 6 kota dan kabupaten Peduli HAM, yakni Kota Palu, Kabupaten Banggai, Kabupaten Morowali, Kabupaten Poso, Kabupaten Donggala, Kabupaten Tojo Una-Una.

“Kabupaten Poso yang diketahui menjadi daerah yang pernah tercatat sebagai daerah yang pernah terjadi pelanggaran HAM, masuk dalam kota peduli HAM 2023,” ujar Hermansyah Siregar.

Hermansyah menjelaskan, untuk program pembinaan Kota/ kabupaten Peduli HAM lebih memfokuskan pada kepedulian terhadap pendidikan dan kepedulian terhadap anak.

Selain itu, program pembinaan Kanwil KemenkumHAM Sulteng juga pada pembentukan desa dan kelurahan sadar hukum.  Di tahun 2023 tercatat ada 72 desa/ kelurahan yang masuk kategori sadar hukum di Provinsi Sulawesi Tengah.

Kemudian di tahun 2024 ada 12 desa/ kelurahan yang tercatat sebagai peserta program kategori desa/kelurahan sadar hukum yang akan diresmikan. Menurut Hermansyah, tujuan penilaian KKPHAM adalah, memberikan motivasi pemerintah daerah kabupaten/kota. Selain itu bertujuan, mengembangkan sinergitas organisasi perangkat daerah dan instansi vertikal dan instansi terkait di daerahnya.

Selanjutnya memberikan penilaian terhadap struktur, proses dan hasil capaian kinerja pemerintah daerah kabupaten/kota dalam rangka penghormatan, pelindungan, pemenuhan, penegakan dan pemajuan HAM. “Diharapkan program-program pembinaan hukum dan HAM di Sulteng bisa mendapatkan hasil yang terbaik,” pungkasnya. (ron)

Latest article

More articles

WeCreativez WhatsApp Support
Silahkan hubungi kami disini kami akan melayani anda 24 Jam!!