26 June 2024
24.4 C
Palu

Integrated Farming di Kabupaten Sigi Segera Terwujud

PT Hasta Yudha Mukti Lakukan Panen Jagung Perdana

Must read

SIGI-Komitmen menjadikan Kabupaten Sigi sebagai daerah pertanian dan peternaan untuk menunjang Ibu Kota Negara (IKN) dibuktikan pihak PT Hasta Yudha Mukti. Salah satunya lewat panen perdana jagung di Desa Sidondo, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi.

Lahan milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi, yang dikelola PT Hasta Yudha Mukti seluas 60 hektare tersebut, rencananya sebagian bakal ditanami oleh tanaman jagung sebagai bahan baku industri pakan ternak. Seluas 9 hektare lahan, kini sudah selesai ditanami jagung dan dilakukan panen perdana, Kamis (22/12/2022).

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemkab Sigi, Andi Ilham menyampaikan apresiasinya kepada perusahan selaku investor yang sudah melakukan kerjasama dengan Pemkab Sigi. Progres terkait rencananya sistem pertanian terintegrasi yang dilakukan PT Hasta Yudha Mukti dinilai menggembirakan.

“Panen jagung ini jadi optimisme tersendiri bagi kami Pemerintah Kabupaten Sigi bahawa sistem integrated farming atau model pertanian terintegrasi dengan peternakan ini dapat segera terwujud,” terang Asisten I yang hadir mewakili Bupati Sigi.

Adapun nantinya bila apa yang telah dilakukan PT Hasta Yudha Mukti ini berjalan, maka diharapkan bakal menambah kesejahteraan masyarakat Sigi dan membuka lapangan kerja baru. Sebab kedepan, setelah tanaman jagung berhasil dipanen seluruhnya, maka perusahaan bakal membangun pabrik pakan ternak.

“Selanjutnya lewat pakan ternak inilah yang bakal meningkatkan produksi ternak sapi di Kabupaten Sigi, yang tentu meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelas Andi Ilham.

Sementara itu, Direktur PT Hasta Yudha Mukti, Aris Daryono, konsep integrated farming yang dipaparkan sejak penanaman pertama jagung pada 23 Agustus 2022, pelan-pelan dibuktikan lewat panen perdaga jagung kemarin. Selanjutnya setelah jagung yang dihasilkan dari lahan milik Pemkab Sigi ini terpenuhi, maka selanjutnya bakal dibangun pabrik pakan ternak di lokasi tersebut.

“Nantinya pakan ternak ini akan kita distribusikan kepada para peternak, kemudian ternak mereka dapat kami kumpulkan dengan sistem plasma atau bermitra dan kami gemukan di lokasi ini juga. Selanjutnya tenak berkualitas yang dihasilan oleh PT Hasta Yudha Mukti bakal dikirim ke IKN di Kalimantan,” ungkap Aris memaparkan konsep integrated farming.

Tidak hanya itu saja, jika proses tersebut sudah berjalan dengan baik, PT Hasta Yudha Muti bakal membuat objek wisata agrotaiment layaknya sejumlah objek wisata di Pulau Jawa, yang banyak menawaran wisata pertanian dan juga sejumlah wahana entertainment. “Ini nanti akan kami studi bandingkan ke Jatim Park,” jelasnya.

Panen perdana jagung ini, kata dia, juga menjadi bukti nyata PT Hasta Yudha Mukti yang dipimpin oleh Direktur Utama, Happy Yeremia Manopo, memajukan pertanian dan peternakan di Sulteng khususnya Kabupaten Sigi.
Awal tahun nanti, direncanakan pula akan segera dibangun pabrik pakan ternak, sehingga cita-cita bersama baik perusahaan maupun Pemkab Sigi ini dapat terwujud.

“Untuk itu kami berharap dukungan pula dari Pemkab Sigi mewujudkan apa yang kita cita-citakan bersama ini,” tandasnya.(agg)

Latest article

More articles

WeCreativez WhatsApp Support
Silahkan hubungi kami disini kami akan melayani anda 24 Jam!!