19 May 2024
29.5 C
Palu

Muktamar Besar ke-XI, Transformasi Alkhairaat di Era Globalisasi

Must read

SIGI- Pembukaan Muktamar Besar ke-XI Alkhairaat, di Pondok Pesantren Madinatul Ilmi di Desa Kotarindau, Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi, Rabu (27/9), dalam pembukaan tersebut, Ketua Utama Alkhairaat menyoroti perubahan yang tidak dapat dihindari dalam era globalisasi.

Sehingga Ketua Utama Alkhairaat, HS Alwy bin Saggaf Aljufri, menyampaikan bahwa dalam era globalisasi pentingnya untuk adaptasi, khususnya dalam penggunaan teknologi digital. Dalam era yang begitu dinamis, Alkhairaat diingatkan untuk tetap berada di garis depan perkembangan zaman.

“Kita harus mampu beradaptasi dengan teknologi digital. Namun, hal ini tidak hanya tentang teknologi semata, melainkan juga tentang melahirkan insan-insan yang cerdas, berahlaq, dan bersikap Islami. Pendidikan menjadi pondasi yang krusial, dan Alkhairaat diberi tanggung jawab untuk membangun jiwa manusia sejalan dengan nilai-nilai agama,”katanya.

Namun, Alkhairaat bukan hanya terpaku pada pusatnya sendiri. HS Alwy bin Saggaf Aljufri menyatakan bahwa Alkhairaat juga menjangkau daerah-daerah terpencil di tanah air. “Ini adalah tantangan nyata yang harus dihadapi, dan untuk itu, perlu ada dukungan infrastruktur seperti jaringan internet dan sarana lainnya yang mendukung pendidikan modern,”ujarnya.

Olehnya dalam dunia yang semakin terhubung ini, kemampuan berkomunikasi yang baik menjadi esensial. Ketua Utama mengajak semua anggota Alkhairaat untuk berpikir jauh ke depan, menyadari bahwa kemajuan zaman, teknologi, dan industrialisasi tidak akan menunggu.

“Oleh karena itu, kita harus mempersiapkan diri dengan baik, membangun generasi muda Alkhairaat, yang pada akhirnya juga akan menjadi pilar-pilar penting dalam kemajuan bangsa,” ujar HS Alwy.

Modernisasi bukan berarti melupakan akar-akar nilai dan identitas Alkhairaat, organisasi ini harus menjadi modern dalam teknologi, inovasi, berpikir kritis, adaptasi, dan inovatif, tetapi tidak boleh melupakan esensi dari Alkhairaat itu sendiri. “Ini adalah akar yang kuat yang harus ditanamkan kepada anak-anak didik kita,” kata HS Alwy.

HS Alwy mengakhiri sambutannya dengan mengingatkan bahwa membangun jiwa manusia adalah tantangan terbesar. Meneladani prinsip-prinsip dan perjuangan Rasulullah SAW, Habib Idrus, serta para tokoh perintis Alkhairaat adalah langkah awal dalam menghadapi tantangan di masa depan. Transformasi Alkhairaat melibatkan peningkatan mutu pendidikan, profesionalisme dalam manajemen, ekonomi yang sehat, dan perubahan sikap serta perilaku yang baik.

“Muktamar Besar XI Alkhairaat menjadi momentum yang penting dalam perjalanan Alkhairaat menuju masa depan yang lebih baik. Dengan semangat dan tekad, Alkhairaat siap menghadapi semua perubahan zaman dan tetap menjadi garda terdepan dalam membangun bangsa dan melahirkan generasi yang berkualitas,” tutup HS Alwy.

Latest article

More articles

WeCreativez WhatsApp Support
Silahkan hubungi kami disini kami akan melayani anda 24 Jam!!