25 June 2024
25.3 C
Palu

FH UNTAD Kembali Juara Debat

Must read

PALU – Fakultas Hukum Universitas Tadulako (FH UNTAD) kembali mencatat prestasi pada seleksi National University Debating Championship (NUDC) tahun 2023 yang diikuti perwakilan seluruh fakultas di lingkungan UNTAD. Mohamad Reza dan Moh Chandra Syahputra, mahasiswa FH UNTAD yang baru saja menjuarai Debat Konstitusi 2023 yang diselenggarakan FH Universitas Hasanuddin, kembali menjadi juara NUDC tingkat UNTAD yang diselenggarakan pada 27-30 Maret 2023.

Dekan FH UNTAD, Dr Sulbadana SH MH memberikan apresiasi terhadap mahasiswanya yang kembali mendapat gelar juara. Menurutnya, fakultas yang dipimpinnya senantiasa mendukung dan memfasilitasi setiap mahasiswa untuk mengembangkan talenta yang dimiliki. Baik melalui ajang pelatihan maupun ajang kompetisi.

“Debat merupakan salah satu unggulan kita. Tiga kali berturut-turut mahasiswa FH mewakili UNTAD dalam ajang NUDC nasional bahkan internasional,” tambah Rahmat Bakri, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan saat mendampingi mahasiswanya bertemu dengan Dekan FH UNTAD di ruang kerjanya, Jumat 31 Maret 2023.

Selain menjuarai NUDC tingkat UNTAD, tim FH UNTAD juga berhasil meraih peringkat IV Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) tingkat UNTAD. Dalam ajang KDMI, FH UNTAD menurunkan lima tim. Tim FH A, Clarissa Samantha Potuh dan Intje Safira Dahlan berhasil menembus peringkat empat. Menurut Rahmat, meskipun belum lolos ke tingkat nasional tapi target di KDMI sudah tercapai.

“Mereka masih semester IV. Insyaallah ini menjadi pengalaman dan tahun berikutnya mereka sudah makin terlatih dan percaya diri. Menjadi juara meneruskan determinasi FH di ajang debat,” ujar Rahmat.

NUDC dan KDMI merupakan ajang kompetisi yang rutin digelar Pusat Prestasi Nasional Kemdikbud Ristek setiap tahun. Kompetisi ini dilaksanakan secara berjenjang. Untuk NUDC akan berakhir pada ajang World Universities Debating Championships (WUDC). NUDC merupakan ajang debat dengan menggunakan bahasa Inggris dan KDMI menggunakan bahasa Indonesia. Keduanya mengangkat mosi persoalan-persoalan yang sedang aktual dan menjadi wacana publik.(rb)

Latest article

More articles

WeCreativez WhatsApp Support
Silahkan hubungi kami disini kami akan melayani anda 24 Jam!!