19 May 2024
29.5 C
Palu

Tingkatkan Pengetahuan Mahasiswa tentang Pemilu

Prodi Ilmu Pemerintahan Fisip Untad Gelar Seminar Nasional

Must read

PAHAMI KODE ETIK : Ketua DKPP RI, Heddy Lugito (tengah) saat membawakan materi dalam kegiatan Seminar Nasional di Untad, Senin (5/6) kemarin.(FOTO. TASWIN)

PALU – Dalam rangka meningkatkan pemahaman dan menambah ilmu pengetahuan mahasiswa terkait pelaksanaan pemilu yang baik, Program Studi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Univeristas Tadulako (Untad), Senin (5/6) kemarin, menggelar seminar nasional yang mengangkat tema “Integritas Penyelenggaraan Pemilu Menuju Pencapaian Kualitas Demokrasi Yang Lebih Baik”.

Tidak tanggung-tanggung, dalam seminar kali ini pihak Prodi Ilmu Pemerintahan langsung menghadirkan Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI periode 2022-2027, Heddy Lugito dan Dosen Prodi Ilmu Pemerintahan Fisip Untad, Dr Darwis M.Si sebagai narasumber.

Dalam sambutannya, Ketua Panitia Pelaksana, Sulfitri Husain S.IP.,M.A mengukapkan pelaksanaan seminar nasional ini merupakan agenda rutin dari Prodi Ilmu Pemerintahan Fisip Untad. Terkait pemilihan tema tersebut tambahnya, dikarenakan waktu penyelenggaraan pemilu sudah tidak lama lagi, sehingga dengan adanya seminar nasional yang mengangkat tema terkait pemilu ini dapat memberikan ilmu tambahan bagi mahasiswa Untad khususnya mahasiswa Prodi Ilmu Pemerintahan.

“Bahwa beberapa bulan lagi kita akan melakukan pemilihan umum. Saya rasa tema yang diangkat ini ada kaitannya. Karena kita ingin menyampaikan ke mahasiswa terkait bagaimana penyelengraan pemilu itu yang baik dan benar,” ujarnya.

Dalam amatannya, tidak hanya dosen, mahasiswa sangat antusias dengan hadirnya ketua DKPP RI. Menurutnya, dengan antusias mahasiswa mengikuti seminar ini, dia menilai bahwa mahasiswa juga ikut antusias menyambut pemilu.

“Tentu sangat antusias. Apalagi terkait kepemiluan ini disampaikan langsung oleh orang nomor satu dalam proses pemilihan umum,” bebernya.
Dikesempatan yang sama, Koordinator Prodi Ilmu Pemerintahan Fisip Untad, Dr. Muh Nur Alamsyah.S.IP.,M.Si mengatakan kegiatan seminar ini diharapkan mampu memberikan atmosfir baru bagi mahasiswa terkait pemhaman tentang pemilu.

“Penyelenggaraan pemilu ini akan selalu menjadi agenda penting, dan dengan adanya seminar ini saya berharap menjadi agenda penting untuk mewujudkan demokrasi yang jauh lebih baik,” jelasnya.

Sementara itu, dalam seminar ini Heddy Lugito membawakan materi tentang penyelenggaraan pemilu yang berintegritas.

Dia menjelaskan dalam kutipan salah satu filsuf dari Inggris John Locke yang mengatakan penyelenggaran pemilu dalam ketatanegaraan disebut sebagai lembaga penunjang (Auxiliary State’s Institutions).
Penyelenggaran pemilu memegang bentuk kekuasaan yang secara langsung menentukan martabat politik suatu bangsa. “Karena itu, penyelenggara pemilu harus berpijak pada amanat dan kehendak rakyat,” katanya.

Dia menyebutkan beberapa efek integritas penyelenggara diantaranya integritas pemilu menjadi kunci untuk menghasilkan pemilu yang berintegtitas, sementara pemilu berintegritas adalah perwujudan kedaulatan rakyat dalam memilih pemimpin yang berintegritas.

“Dalam konteks menjaga integritas penyelenggara pemilu, perundang-undangan melembagakan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). Tugasnya menangani pelanggaran kode etik penyelenggara pemilu dalam hal ini KPU dan Bawaslu beserta jajaranya,” pungkasnya.(win)

Latest article

More articles

WeCreativez WhatsApp Support
Silahkan hubungi kami disini kami akan melayani anda 24 Jam!!