15 June 2024
28.5 C
Palu

Dies Natalis ke-56, UIN Palu Sudah Berkontribusi Besar Bagi Pembangunan

Must read

PALU – Menurut Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Prof Dr H Sagaf S Pettalongi MPd, Civitas Akademika yang dipimpinnya itu telah memberikan sesuatu yang bermakna bagi pembangunan bangsa dan negara. Hal tersebut disampaikannya saat memberikan sambutan pada Pembukaan Expo dan Jalan Sehat dalam rangka Dies Natalis UIN Datokarama Palu yang ke-56, Selasa (16/5) kemarin.

“Tahapan perjalanan atau metamorphosis kelembagaan UIN Datokarama Palu sadar atau pun tidak sadar harus diakui bahwa telah memberikan kontribusi yang besar terhadap pembangunan di Indonesia pada umumnya dan Sulawesi Tengah wabil khusus Kota Palu pada khususnya,” kata Sagaf Pettalongi.

Lanjutnya, saat ini merupakan tahun kedua institusi ini meyandang nama UIN Datokarama Palu, dan secara kelembagaan sudah 56 tahun keberadaannya sebagai PTKIN. “Meskipun itu berevolusi mulai dari perkuliahan kelas filial, lalu kelas cabang atau fakultas cabang kemudian fakultas madya, lalu tahun 1997 berubah menjadi STAIN, dan 2013 berubah menjadi IAIN dan 2021 berubah menjadi UIN Datokarama Palu,” lanjut Guru Besar UIN Datokarama Palu itu.

Kata dia, Dies Natalis yang diperingati tahun ini adalah peringatan perdana selama lembaga ini ada. Tentu tujuannya adalah selain bentuk kesyukuran karena institusi ini tetap eksis sampai kondisi sekarang ini, juga untuk mengenang dan memperkuat koordinasi dan konsolidasi baik secara internal maupun eksternal terhadap semua stakeholder dari UIN Datokarama Palu.

“Untuk memperkuat silatuhrahmi, ukhuwah, diantara civitas akademika dan juga menjadi komunikasi efektif dengan stakeholder dari luar, sehingga lembaga ini baik secara internal maupun eksternal itu terjadi hubungan yang baik dan harmonisasi, dengan demikian maka program-program yang dilakukan dan pengembangannya bisa berjalan secara maksimal,” terang Pakar Manajemen Pendidikan Islam ini.

Masih kata Rektor, saat dirinya mengunjungi stand-stand expo yang ditampilkan dari Fakultas dan Lembaga, semuanya sangat menarik secara keseluruhan yang menampilkan program yang sudah dilaksankan, baik dalam bentuk dokumentasi maupun dokumen yang tertulis seperti stand-stand Prodi yang semua jurnalnya itu ditampilkan. “Tulisan-tulisan para dosen juga ditampilkan semua yang terindeks scopus internasional begitu juga yang terindeks sinta dalam negeri,” ujar Pakar Islam Moderat ini.

Kata Rektor, Dies Natalis ini rencananya akan diperingati setiap tahun dan tentu akan lebih meriah, apalagi kalau semua Prodi-prodi menampilkan keunggulan dan prestasi baik secara proses maupun hasil yang telah dicapai selama ini. “Itu pasti sangat menarik,” singkatnya.

Rektor juga menyebutkan, rangkaian Dies Natalis UIN Datokarama Palu diisi dengan beberapa lomba seperti lomba olahraga baik antar mahasiswa maupun Fakultas, kesenian, expo dan jalan sehat. Acara puncak dari seluruh rangkaian kegiatan itu adalah hari ini (kemarin, red) penyerahan hadiah secara keseluruhan sekaligus penilaian stand expo.

“Jadi ini perdana, sejak berdiri sudah 56 tahun baru kali ini dirayakan, kalau berdirinya secara otonom sebenarnya baru 27 tahun, tapi kita tidak melihat itu, dies natalis itu bicara sejak dari kuliah pertama atau sejak masih cabang dari Makassar,” tutupnya.(acm)

Latest article

More articles

WeCreativez WhatsApp Support
Silahkan hubungi kami disini kami akan melayani anda 24 Jam!!