15 June 2024
28.5 C
Palu

Alumni Kampus Moderasi Harus Mencerminkan Sikap Moderat

Must read

PALU – Sebanyak 485 wisudawan Sarjana dan Pascasarjana Semester Ganjil Tahun Akademik 2022/2023 Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu yang dikukuhkan pada Senin (20/3), diharapkan dapat membawa berkah dan manfaat bagi semua, terkhusus bagi daerah dan masyarakat Sulawesi Tengah yang sangat menantikan kiprah para lulusan UIN Datokarama Palu.

Harapan itu disampaikan oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Dr Farid Rifai Yotolembah S Sos MSi yang mewakili Gubernur Sulawesi Tengah. Dalam sambutannya yang disampaikan Dr Farid Rifai, Gubernur mengingatkan pada seluruh lulusan bahwa menjadi sarjana bukan berarti akhir dari perjuangan, akan tetapi ini adalah gerbang awal memasuki fase selanjutnya, yaitu proses belajar sepanjang hayat untuk terus mengolah dan meningkatkan kualitas diri agar menjadi pribadi yang lebih baik dari hari ini.

Terlebih kata Gubernur, di tengah kompetisi yang semakin tajam dan era disruptif saat ini, maka perlu dijadikan perhatian agar lulusan semua senantiasa memperbaiki dan meningkatkan kemampuan diri.

“Jangan cepat berpuas diri dan merasa cukup, tapi harus senantiasa belajar dan mengupdate ilmu serta perkembangan – perkembangan yang terbaru, cepat beradaptasi, mampu bekerja dalam tim serta mampu berpikir out of the box dan menjadi solution maker,” jelas Dr Rifai.

Sementara itu, Rektor UIN Datokarama Palu Prof Dr H, Sagaf S Pettalongi M Pd mengucapkan selamat atas keberhasilan para wisudawan-wisudawati yang telah menyelesaikan studi di kampus tercinta ini.

“Saya yakin banyak di antara kalian yang merasa sedih dan bahagia dalam waktu yang bersamaan. Sedih karena harus meninggalkan almamater yang telah menjadi rumah kedua selama ini, tetapi juga bahagia karena telah menyelesaikan studi dan siap menghadapi tantangan berikutnya,” terang Pakar Islam Moderat ini.

Menurut Rektor, di kampus ini, kalian menjadi saksi bagaimana civitas akademika bangkit dari puing-puing gempa dan tsunami, mengikuti segala aktivitas akademik dengan sarana-prasarana terbatas, lalu kemudian tumbuh secara perlahan sebagai sebuah kampus modern, sarana-prasarana dipulihkan secara bertahap dan pada akhirnya hari ini kalian hadir di sini sebagai wisudawan-wisudawati perdana dalam penggunaan auditorium megah ini, salah satu bangunan kebangaan UIN Datokarama Palu.

“Kampus ini adalah miniatur dari kehidupan bermasyarakat. Di sini kalian telah melalui banyak hal selama studi. Belajar bersama, bekerja sama, saling membantu dan mendukung satu sama lain. Di sinilah tempat kalian belajar tentang pengorbanan, kegigihan, dan kerja keras,” sebut Wakil Ketua MUI Sulteng ini.

Rektor menambahkan, sebagai alumni dari kampus moderasi, UIN Datokarama Palu, kalian harus mampu mencerminkan konsep, pemikiran dan sikap yang moderat dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan keluarga maupun masyarakat.

Kalian harus tetap mempertahankan semangat dan nilai-nilai moderat yang telah dipelajari selama ini. Menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari dan menjadikannya sebagai bagian dari citra diri kalian.

“Dengan demikian, anda akan menjadi individu yang berharga dan bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan bernegara,” ujar Prof Sagaf.

Berbekal ilmu pengetahuan, skill dan nilai-nilai moderasi yang telah kalian miliki, Rektor meyakini bahwa wisudawan akan mampu beradaptasi dan berkompetisi di tengah-tengah kehidupan sosial-masyarakat, berbangsa dan bernegara.

Sebab, melalui implementasi kurikulum dengan pendekatan integrasi keilmuan, kalian telah dibekali bukan hanya ilmu-ilmu agama tetapi juga ilmu-ilmu di bidang sains dan teknologi bagi prodi-prodi keagamaan, serta ilmu-ilmu keagamaan bagi prodi-prodi umum.

“Anda sejatinya menjadi ilmuan yang berkarakter religius, sekaligus agamawan yang berpola pikir saintifik,” jelasnya.

Selain itu, terkait alumni berprestasi terbaik baik Pascasarjana maupun Fakultas UIN Datokarama Palu 2022/2023 diantaranya Pascasarjana (S2) Magister diraih Suci Uswatun Hasanah Prodi Manajemen Pendidikan Islam dengan IPK 3,77, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (S1) diraih Yuni Amelia Prodi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) dengan IPK 3,96, Fakultas Syariah (S1) diraih Syarifah Wahdah Prodi Hukum Ekonomi Syariah dengan IPK 3,97, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (S1) diraih Fikram Prodi Perbankan Syariah dengan IPK 3,96, serta Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (S1) diraih oleh Nur Fathila Dini Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini dengan IPK 3,95.(acm)

Latest article

More articles

WeCreativez WhatsApp Support
Silahkan hubungi kami disini kami akan melayani anda 24 Jam!!