24 July 2024
25.9 C
Palu

Pasar Murah Jelang Ramadan Meringankan Beban Masyarakat Palu

Must read

PALU – Keberadaan pasar murah menjelang bulan suci Ramadan sangat diharapkan warga masyarakat. Pasalnya, pasar murah tersebut dapat meringankan beban warga Kota Palu dalam menghadapi meningkatnya kebutuhan menyambut bulan suci Ramadan.

Salah seorang warga Kota Palu, Suryani yang ikut antrean menunggu pembelian sembako mengaku, senang dan memberikan apresiasi kepada Tenaga Ahli Gubernur Moh. Ridha Saleh bersama tim yang menggagas pasar murah di wilayah Palu Selatan.

“Rasa senang dan terharu dengan digelarnya pasar murah ini karena sangat meringankan beban kami, inilah pasar murah yang berperikemanusiaan dan jauh berbeda dengan pasar murah yang di gelar di tempat lain, kami sangat berterima kasih kepada pak Ridha Saleh, yang memberi teladan kepedulian dan kepemimipinan,” ungkap ibu yang berprofesi sebagai penjahit itu.

Hal senada diungkapkan Masto dan Fahmi yang turut senang mendapatkan kebutuhan bahan pokok dengan harga murah. Katanya, dengan uang Rp20 ribu sudah memperoleh bermacam macam sembako seperti, beras, minyak goreng, susu, gula pasir dan lainnya.

Kata Fahmi yang kesehariannya sebagai buruh bangunan bisa menaksir harga sembako yang diperoleh jika dibeli secara normal bisa mencapai Rp 75 ribuan. “Melalui pasar murah ini warga cukup membayar Rp20 ribu,” ungkap Fahmi diamini Masto yang punya pekerjaan bengkel tersebut.

Perlu diektahui pasar murah yang dilaksanakan di kecamatan Palu selatan adalah yang ketiga kalinya. Kali ini dipusatkan
di lingkup Masjid Darul Naim jalan Basuki Rahmat, Palu Selatan.

Pada kesempatan itu, Tamir mesjid Darul Naim menyampaikan ucapan terima kasih kepada M. Ridha Saleh yang memilih tempatnya untuk menggelar pasar murah.
Dengan pasar murah ini katanya sangat meringankan beban masyarakat kecil di tengah-tengah harga yang melonjak.

“Sedikitnya ada 250 paket sembako yang dijual terdiri dari 3 kilo beras, 1 kilo minyak goreng, 1 kaleng susu dan 1 kilo gula pasir dengan harga Rp 20.000,” ungkapnya.

Sementara itu, M. Ridha Saleh mengatakan, pasar murah ini ingin memperkuat solidaritas sosial dan silaturahmi, juga diantara kita saling bantu dan meringankan beban apalagi menjelang bulan ramadan,
membantu pemerintah untuk menekan dan mengantisipasi kebutuhan jangka pendek masyarakat bawah.

Sebelumnya pasar murah juga digelar di wilayah Palu Selatan. Pasar murah yang digagas Tenaga Ahli (TA) Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), Muhammad Ridha Saleh, dilaksanakan di kecamatan Tatanga, Sabtu (25/02).

Pasar murah yang dilaksanakan di halaman Masjid Nurul Aziz, Kelurahan Boyaoge, Kecamatan Tatanga ini adalah kali kedua, setelah kegiatan yang sama digelar di Kelurahan Talise, Kecamatan Palu Timur.

Warga yang datang ke pasar murah diketahui dari Boyaoge, Tavanjuka, Nunu, Pengawu, dan Palupi, kelurahan yang berada di kecamatan Tatanga.

Sekitar 300 paket sembako yang disediakan pada kegiatan pasar murah tersebut. Harga normalnya 75 ribu, berisi beras, minyak goreng, gula pasir, susu dan teh. Paket ini hanya dijual dengan harga Rp20 ribu.

Menurut Ridha Saleh, kegiatan ini bertujuan meringankan beban masyarakat kecil sehari-hari di kota Palu. Juga membangun solidaritas sosial untuk saling menentramkan.

Oleh karena itu, kata Edhang, sapaan akrabnya, mereka yang berhak membeli sembako di pasar murah tersebut juga tidak sembarang orang, tetapi warga yang benar-benar membutuhkan berdasarkan hasil assesmen yang telah dilakukan sebelumnya.

Masih dalam rangka membantu masyarakat, pihaknya juga melibatkan pelaku usaha ultra mikro untuk ikut berjualan di lokasi pasar murah.

Sejauh ini, lanjut dia, kegiatan tersebut masih dilakukannya secara pribadi, belum melibatkan pelaku usaha.

“Tapi kalau ke depan ada pelaku usaha yang ingin terlibat melalui dana CSR-nya, ya kita siap bersama-sama untuk membantu masyarakat,” ujar mantan Wakil Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas-HAM) RI itu.

Dia juga mengatakan, kegiatan pasar murah akan terus berlanjut ke kecamatan lain. Ia menargetkan seluruh kelurahan yang ada di Kota Palu bisa tersentuh seluruhnya sampai awal puasa nanti. (*/lib)

Latest article

More articles

WeCreativez WhatsApp Support
Silahkan hubungi kami disini kami akan melayani anda 24 Jam!!