25 June 2024
24.4 C
Palu

Bangkitkan Geliat Industri Kopi di Sulteng

CCC Komunitas Gelar Lomba Seduh Kopi Manual Brew

Must read

PALU – Pertumbuhan usaha kedai kopi di Sulawesi Tengah khususnya di Kota Palu kian bertumbuh pesat. Hal itu dapat dilihat banyaknya kedai kopi yang bermunculan di Kota Palu. Beragam kedai kopi ini pun hadir dengan ciri khasnya masing-masing.

Melihat pertumbuhan itu, salah satu komunitas kopi, yaitu Central Celebes Coffee (CCC) Komunitas juga ikut serta dalam membangkitkan potensi-potensi barista yang ada di Kota Palu. Salah satunya dengan cara menggelar lomba seduh kopi dengan metode manual brew.

Dengan tajuk “Liga Tarkam” puluhan barista Kota Palu, Minggu (21/5) kemarin saling adu skill dalam penyajian seduhan kopinya.

Salah satu founder CCC Komunitas, David mengatakan dalam Liga Tarkam sesi 1 ini diikuti sebanyak 15 orang peserta. “Tujuan kami sangat sederhana, yaitu meningkatkan mental dan pengetahuan para barista di Kota Palu, makanya kami gelar lomba-lomba kecil-kecilan seperti ini” bebernya, Minggu sore

David menambahkan liga tarkam ini rencananya akan digelar sebanyak 2 kali dan diakhiri dengan lomba Close Season. Tidak hanya sampai disitu, David mengaku lomba ini merupakan rangkaian dari agenda lomba utama CCC Komunitas yaitu Palu Brewers Cup.

“Jadi istilahnya ini pemanasan, untuk mereka supaya bisa tampil maksimal dilomba puncak, karena akan dinilai oleh juri yang berkompeten,” ujarnya.

Dengan digelarnya lomba seperti ini, David berharap akan jadi pemicu para penggiat kopi di Sulteng untuk bisa sama-sama memperkenalkan kopi asal Sulteng dan juga melahirkan barista-barista yang bisa berlaga diajang-ajang Nasional dan Internasional.

“Saya rasa kami hanya bagian kecil. Tapi mudah mudahan dengan adanya kegiatan ini bisa jadi pemicu untuk bangkitnya industri kopi,” harapnya. (*/win)

Latest article

More articles

WeCreativez WhatsApp Support
Silahkan hubungi kami disini kami akan melayani anda 24 Jam!!