15 June 2024
29.6 C
Palu

Jelang Natal, Densus 88 Deteksi Dini Ancaman Teroris di Sulteng

Must read

PALU- Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tengah gelar apel pasukan kesiapan pengamanan Natal tahun 2022 dan Tahun baru 2023, Kamis (22/12), di Mako Polda Sulteng, dengan sandi Operasi Lilin Tinombala 2022. Ada sebanyak 3.138 personel yang tersebar di wilayah Sulteng.

Terlibatnya personel dari TNI sebanyak 50 Personel dan Personel Tambahan/Pam Gereja sebanyak 1.965 Personel. Pelibatan personel Mitra Kamtibmas sebanyak 15 personel. Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan Dalam Pelaksanaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, sebanyak 91 Pos Pam Dan Posyan.

Apel Gelar Pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarana prasarana. Dengan demikian, diharapkan pengamanan dapat terselenggara secara optimal dan sinergi. “Sehingga perayaan Natal 2022 sertaTahun Baru 2023 mampu berjalan dengan kondusif,” ungkap KapoldaSulteng Irjen Pol Rudy Sufahriadi.

Rudy menyampaikan, bahwa amanat Kapolri kepada seluruh personel yang teribat pengamanan dan apa yang harus dilakukan juga sudah jelas. Kemudian untuk ancaman teroris itu harus dideteksi, dan sampai saat ini Polda Sulteng, TNI, dan Densus 88 sedang mendeteksi, apabila ada langsung ditindak. “Sampai saat ini belum ada yang signifikan,”terangnya.

Ia bahkan menyatakan,dengan jumlah Pos yang disiapkan di wilayah Poso yang berbeda dengan tahun sebelumnya, Rudy sampaikan bahwa Poso telah kondusif. ”Iya inilah yang diharapkan, agar Poso bisa terus kondusif,”kata Rudy.
Kemudianrawanterjadiancaman dan aksi terror dari jaringan teror yang ada di Sulteng dengan sasaran Gereja, pusat keramaian dan keamanan. Terjadipeningkatan aktivitas masyarakat pada akhir tahun yang memicu terjadinya keramaian dan kepadatan arus Lalu Lintas di pusat perbelanjaan, tempat hiburan dan wisata.

“Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap menjaga protokol kesehatan, seperti memakai masker juga menjaga Kamtibmas seperti tidak mengkonsumsi miras dan narkoba, membawa sajam, tertib lalu lintas, menggunakan petasan dan kembang api secara berlebihan, yang dapat mengganggu ketertiban masyarakat,” tambahnya.(who)

Latest article

More articles

WeCreativez WhatsApp Support
Silahkan hubungi kami disini kami akan melayani anda 24 Jam!!