15 June 2024
28.5 C
Palu

Kenalkan Industri Pelabuhan ke Pelajar, Program Pelindo Mengajar Digelar Serentak se Indonesia

Must read

PALU – Salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yakni PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 Pantoloan, Kamis (23/2) kemarin, menggelar Program “Pelindo Mengajar” Tahun 2023 di Aula SMA Negeri 1 Palu. “Pelindo Mengajar” sendiri merupakan bagian dari kegiatan Bakti BUMN untuk Indonesia yang diprakarsai oleh Kementerian BUMN, melalui Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang berfokus pada bidang pendidikan.

Dalam kesempatan itu, ratusan siswa kelas 3 SMA Negeri 1 Palu terlihat antusias saat General Manager Regional 4 Pantoloan, Hardin Hasjim memaparkan terkait Industri kepelabuhanan dan logistik, peran Kementerian BUMN dan peran Pelindo dalam rantai logistik perekonomian Indonesia serta memotivasi para siswa untuk semangat belajar mempersiapkan diri menjadi pemimpin dimasa depan.

“Seperti kita ketahui pelabuhan memiliki peranan penting dalam meningkatkan perekonomian. Indonesia merupakan negara kepulauan, sehingga Pelindo menjadi penghubung dunia dengan kepulauan terbesar di dunia,” tuturnya.

Hardin menjelaskan, bahwa “Pelindo Mengajar” menjadi salah satu bentuk peran serta Pelindo melalui generasi penerus bangsa, sekaligus sebagai salah satu wujud kontribusi nyata BUMN kepada masyarakat.

“Kegiatan ini sangat baik untuk memotivasi siswa-siswi. Pelindo akan terus mendukung pendidikan Indonesia dengan berpartisipasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, serta menambah wawasan dan pengetahuan anak-anak tentang peran pelabuhan,” ungkapnya.

Bukan hanya sekadar pemaparan program, Hardin juga membuka ruang bagi siswa SMA Negeri 1 Palu untuk dapat berkunjung dan melihat langsung aktivitas di Pelindo Regoinal 4 Pantoloan. Dia berharap dengan adanya kegiatan seperti ini, kedepan akan muncul generasi baru yang berminat berkecimpung dalang pekerjaan bidang logistik.

“Sebagai informasi. Kami (Pelindo, red) setiap tahunnya menerima dan bekerjasama dengan beberapa sekolah, yang dalam proses akhir studinya harus menjalankan masa praktik atau magang dan penelitian, kami membuka ruang,” pungkasnya.

Kegiatan tersebut semakin meriah dengan adanya beberapa kuis berhadiah yang diadakan Pelindo. Bahkan Pelindo juga memberikan hadiah berupa handphone kepada 3 siswa yang berprestasi.

Sementara itu, Kepala SMA Negeri 1 Palu, Zulfikar Is Paudi mengatakan kegiatan “Pelindo Mengajar” adalah upaya yang sangat baik dalam memperkenalkan apa itu Pelindo. Melihat antusias dari siswa-siswinya, Zulfikar juga mengaku sangat membuka ruang bagi seluruh BUMN, bahkan perusahaan swasta untuk bisa memperkenalkan programnya.

Menurutnya, dengan adanya kegiatan seperti ini akan memberikan motivasi kepada para siswa, untuk bisa menyiapkan diri sejak dini agar dapat melanjutkan tongkat estafet dimasa depan.

“Bukan hanya BUMN, bahkan pernah dari Jaksa, Kehakiman juga datang mengajar. Dari semua lini kalau kita dapatkan di bangku sekolah tentu anak-anak itu mau bersentuhan langsung dengan apa yang mereka dapatkan. Mereka tahu tentang pelabuhan, tapi seperti apa kegiatannya ? bagaimana trik bisa menduduki jabatan di BUMN itu yang mereka butuhkan,” pungkasnya.

Dikesempatan yang sama, salah satu siswi kelas 3 SMA Negeri 1 Palu, Andini mengaku sangat antusias dengan adanya kegiatan itu. Sebab menurutnya dengan kegiatan seperti ini, tentu menjadi pembelajaran yang sangat berharga baginya untuk mempersiapkan diri ikut andil dalam perkembangan daerah dimasa yang akan datang.

“Yang saya dapatkan adalah informasi baru tentang BUMN dan Pelindo, terus saya bisa belajar tentang apa saja yang harus kita perlu persiapkan untuk masuk ke dunia kerja, terus seminarnya juga seru karena pembawa acaranya yang menyenangkan dan pematerinya juga suka kasih kuis-kuis yang berhadiah,” bebernya.(win)

Latest article

More articles

WeCreativez WhatsApp Support
Silahkan hubungi kami disini kami akan melayani anda 24 Jam!!