26 June 2024
24.4 C
Palu

Kebijakan Pemerintah Mendorong UMKM Lebih Maju

Must read

PALU-Di Kelurahan Duyu, Tatanga, Sulawesi Tengah (Sulteng), pada Selasa, 21 Maret 2023, sebuah acara penyuluhan jasa keuangan yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Kelurahan Duyu Kecamatan Tatanga, berhasil menarik perhatian masyarakat setempat. Acara ini dihadiri oleh sekitar 350 orang warga dari sekecamatan Tatanga.

H. Muhidin Mohamad Said, anggota Komisi XI DPR RI dan Triyono Raharjo, Kepala OJK Sulawesi Tengah (Sulteng), menjadi narasumber dalam acara tersebut. Muhidin Said menjelaskan tentang kebijakan keuangan pemerintah dalam mendorong UMKM semakin berkembang, seperti meningkatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang disediakan oleh pemerintah. Tahun 2023, KUR yang disediakan mencapai 450 triliun rupiah.

“Semua ini disediakan untuk Rakyat agar usaha rakyat semakin berkembang sehingga tidak terjebak pada pinjaman online illegal,” kata Muhidin Said.

Muhidin juga menjelaskan bahwa banyak sekali program yang disediakan mitra Komisi XI dalam mendorong peningkatan ekonomi masyarakat. Seperti pemberdayaan UMKM melalui bantuan dari Bank Indonesia.

Sementara itu, Triyono Raharjo memberikan penjelasan pentingnya kehati-hatian masyarakat apabila ada yang menawarkan pinjaman online. Menurut Triyono, masyarakat harus lebih waspada terhadap penawaran pinjaman online yang mengiming-imingi pinjaman seperti melalui hp dan proses pengajuan yang mudah tanpa verifikasi yang ketat.

“Jangan ada yang tertarik hanya apabila yang menawarkan figur terkenal,” ujarnya. “Kita harus memeriksa terlebih dahulu legalitas dari pihak yang menawarkan pinjaman tersebut, melalui laman resmi OJK atau situs resmi dari institusi keuangan yang bersangkutan.”

Acara ini merupakan bentuk upaya dari OJK dalam memberikan edukasi dan literasi keuangan kepada masyarakat terutama UMKM. Selain itu, kehadiran narasumber dari DPR dan OJK ini diharapkan dapat memberikan informasi yang benar dan terpercaya terkait upaya pemerintah dan regulator dalam membantu pengembangan UMKM di Indonesia.

Penyuluhan diakhiri dengan penyerahan souvenir hasil kerjasama antara Muhidin Said dan Otoritas Jasa Keuangan. Para peserta acara menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas penyelenggaraan acara ini. Mereka berharap adanya acara serupa di masa yang akan datang agar masyarakat lebih dapat mengenal dan memahami tentang jasa keuangan.(mch)

Latest article

More articles

WeCreativez WhatsApp Support
Silahkan hubungi kami disini kami akan melayani anda 24 Jam!!