15 June 2024
28.5 C
Palu

Gelar Dialog Rakyat, Masyarakat Sulteng Dorong Anies-AHY untuk Maju Sebagai Pasangan Capres Cawapres di 2024

Must read

PALU – Teriknya matahari Kota Palu tak mengurungkan niat ribuan warga yang berbondong-bondong hadir di caffe Tanaris Selasa (28/2), untuk mengikuti acara Dialog Rakyat bersama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Berbagai aspirasi ribuan warga tersebut disampaikan oleh perwakilan dari beberapa elemen diantaranya, Jalaluddin (56) komunitas petani Watatu Banawa Selatan, Kabupaten Donggala mengeluhkan ketidaktersediaan waduk untuk pengairan pertanian. Harga pupuk yang tinggi dan tidak tersediannya jalan ke kantong-kantong produksi juga menjadi masalah para petani.

Kemudian Sukmawati (43) pelaku UMKM, mengeluhkan tentang kondisi Indonesia yang tidak baik-baik saja. Sukmawati adalah pengungsi korban kerusuhan Ambon, tinggal dan membuka usaha di Palu. Sedihnya, Sukmawati menjadi salah satu korban pada saat bencana alam gempa bumi, tsunami dan likuifaksi 2018 lalu yang belum sempat sepenuhnya bangkit, pandemi covid 19 hadir dan meruntuhkan usahanya.

“Tolong Pak, tolong kami. Kasihan kami rakyat kecil. Nanti kalau Pak Anies dan Pak AHY jadi di 2024, mohon perhatikan pendidikan. Utamanya anak-anak yang kurang mampu ekonominya tapi memiliki kecerdasan dan berprestasi,”ujar Sukma sambil menangis.

Roy (38), komunitas nelayan Sulteng mengeluhkan susahnya melaut di teluk Palu, akibat trumbu karang rusak pasca tsunami lalu. Lebih parah lagi harga bahan bakar minyak (BBM) mahal dan susah didapatkan sehingga nelayan sulit mendapatkan ikan. Lebih sulit lagi kartu nelayan untuk bisa mendapatkan BBM, tidak diterima di SPBU.

Sementara itu Yanti (37) mewakili perempuan, mengeluhkan banyaknya PHK. Bayangkan PHK saat ini mencapai 11,5 juta se-Indonesia, begitupun di Sulteng, sehingga mengakibatkan pengangguran bertambah .
“Bukan itu saja, para pelaku UMKM terancam bangkrut dan gulung tikar, belum lagi harga-harga kebutuhan sembilan bahan pokok (sembako) terus meningkat. Olehnya solusinya perlu perubahan dan hanya Anies-AHY yang kami percayakan untuk mengubahnya,”tegas Yanti.

Tak hanya aspirasi soal berbagai permasalahan yang terjadi, dalam kesempatan itu, 21 Aliansi Relawan Anies yang ada di Sulawesi Tengah pun menyampaikan aspirasi, menyatakan sikapnya.

“Satu, kami Simpul Relawan Anies, rela bekerja dan berjuang dengan ikhlas, untuk memenangkan Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono sebagai Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden RI 2024, tanpa mahar. Dua, kami siap menjaga marwah Organisasi Relawan Anies, dengan politik santun, jujur, dan beretika. Tiga, kami bertekad Mensosialisasikan Anies dan AHY dengan berbagai prestasi, kerja nyata, jujur dan berintegritas,” seru para perwakilan aliasi disambut tepuk tangan masyarakat yang hadir.

Mendengar aspirasi-aspirasi tersebut, AHY meminta para wakil rakyat dari Partai Demokrat segera membantu meringankan beban dan menyuarakan aspirasi mereka di parlemen. Apalagi warga Palu masih ada yang tinggal di huntara.

“Akan kita perjuangkan, aspirasi, dan keluhan masyarakat ini. Masyarakat Indonesia hari ke hari harus baik kehidupannya. Mari berkeringat bersama dalam semangat perubahan untuk Indonesia dan rakyatnya sejahtera,” tandas AHY.

AHY juga mengulang pernyataan Sukma di mana Indonesia tidak baik-baik saja hari ini.
“Jangan takut berbicara tentang kebenaran,” ujarnya. Ia mengatakan masalah yang disampaikan masyarakat Palu tadi adalah masalah nasional karena negara ini banyak yang salah kelola. Olehnya mari kita menangkan Pemilu 2024, agar kita dapat membantu rakyat memenuhi kebutuhannya. Mari berjuang untuk perubahan, sabar, dan bersama-sama berjuang untuk kemenangan,”tutur AHY.

Ketua DPD Partai Demokrat Sulawesi Tengah Anwar Hafid menyampaikan terselenggaranya acara ini merupakan bukti, bahwa semangat perubahan dan perbaikan juga muncul di berbagai elemen masyarakat.

“Sejak awal aspirasi-aspirasi ini begitu kuat, digelarnya acara ini juga sebagai bukti bahwa semangat perubahan dan perbaikan bukan hanya bersumber dari kami kader Partai Demokrat, tapi harapan-harapan dan energi itu juga hadir dari seluruh elemen masyarakat.

“Hal ini juga selaras dengan pernyataan sikap dari 21 relawan Anies di Sulteng yang siap memenangkan Anies-AHY di 2024. Bismillah kami yakin Allah SWT akan memberikan jalan bagi kita semua,” tutup Anwar.

Turut hadir dalam acara, Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Teuku Rieky Harsya beserta istri, Bupati Poso Verna Inkiriwang, para anggota legislatif baik ditingkat provinsi maupun kab/kota Sulawesi Tengah. (jpg)

Latest article

More articles

WeCreativez WhatsApp Support
Silahkan hubungi kami disini kami akan melayani anda 24 Jam!!