19 May 2024
29.5 C
Palu

Pelaku TPPU Narkoba Libatkan Mantan Perawat

Kendalikan Distribusi Peredaran Narkoba dari Lapas

Must read

PALU – Tindak pidana pencucian uang (TPPU) dari peredaran gelap narkotika yang disetir dari dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Palu, disebut melibatkan oknum mantan perawat Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Palu inisial SK.

Oknum SK (28) diketahui berkenalan dengan pelaku bernama Illang alias Beb (33) saat pelaku dirawat di RS Bhayangkara Palu pada 2017 lalu, usai menerima timah panas petugas dalam operasi penangkapan di Hotel Santika. “Ketika di Bhayangkara, kok bisa perawat jatuh cinta sama dia (Illang alias Beb) atas nama SK. Dan itu berlanjut panjang, sampai dia masuk Lapas, hubungan keduanya tidak hilang,” urai Wadir Resnarkoba Polda Sulteng, AKBP P Sembiring, kepada sejumlah awak media yang hadir dalam kegiatan Coffee Morning di Bengkel Lapas Kelas II A Palu, Selasa (31/1) Januari lalu.

AKBP P Sembiring mengakui bahwa SK merupakan kurir antar provinsi yang memiliki bos besar. Hanya saja, pihaknya belum mengetahui pasti siapa bos besar yang menggerakkan distribusi peredaran narkoba tersebut. “Kita nggak paham,” jelasnya.

Setelah dilakukan pengembangan dari kaki tangan SK yang ditangkap, terungkap satu nama inisial KS (49) yang tidak lain merupakan ayah SK, ikut terlibat dalam bisnis haram tersebut. “Adanya kasus ini kita akan terus mengawasi mereka, mudah-mudahan dia tidak mengulangi perbuatannya lagi,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, kasus ini diungkap oleh Polda Sulteng selama enam bulan melakukan penyidikan. Dalam memuluskan aksi jual beli narkoba, SK telah membuat 14 rekening bank atas nama orang lain. Dimana dari hasil pemeriksaan peredaran uang di 14 rekening tersebut, Illang alias Beb mampu meraup keuntungan hingga Rp 42 miliar. Uang dengan nilai jumbo itu, telah dikonversi menjadi barang berharga bergerak dan tidak bergerak.

Diantaranya tiga bidang tanah berikut dua unit ruko di jalan Karajalemba, dua unit rumah di Perumahan Kelapa Gading Kalukubula Kabupaten Sigi, tanah dan bangunan di Desa Sopu Kecamatan Nokilalaki, sebidang tanah seluas 239 meter persegi di Jalan Tara, 6 unit mobil serta 24 unit sepeda motor berbagai merek.(ril)

Latest article

More articles

WeCreativez WhatsApp Support
Silahkan hubungi kami disini kami akan melayani anda 24 Jam!!