19 May 2024
29.5 C
Palu

Kelola Sampah Plastik, SMP Madani Kerja Sama YTC

Must read

PALU – SMP Negeri Model Terpadu Madani bekerja sama dengan Youth That Care (YTC) dalam pengelolaan sampah plastik. Kerja sama tersebut dituangkan dalam memorandum of understanding (MoU) yang ditandatangani Kepala SMP Madani, Supriady M Djafar dan Founder YTC, Novrani Erryztafitri pada Rabu, 5 Juli 2023.

Melalui program ini, YTC akan terlibat dalam edukasi dan praktik pengolahan sampah plastik di lingkungan SMP Madani. Kepala SMP Madani, Supriady M Djafar menyambut baik inisiatif proposal yang diajukan YTC karena sejalan dengan pengembangan sekolah yang dipimpinnya yang masuk dalam program sekolah adiwiyata.

Sehari setelah penandatangan MoU, langsung ditindaklanjuti dengan melibatkan volunteer dari YTC untuk terlibat dalam kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) bagi siswa baru tahun akademik 2023-2024. Pada kesempatan itu, Founder YTC Novrani Erryztafitri bersama dua rekannya, Arifah Nursyahbani Seru dan Revalino Juan Farrel melakukan kampanye lingkungan dan hidup berkelanjutan bagi para siswa.

Kehadiran volunteer YTC ini disambut antusias para siswa yang memenuhi ruang aula SMP Madani sebagai tempat penyelenggaraan MPLS. “Di luar dugaan kami, adik-adik sangat antusias. Kami berharap program yang kami tawarkan bisa berjalan dengan baik melalui kolaborasi dengan seluruh warga sekolah,” ujar Novrani, alumnus SMP Madani yang mengikuti program pertukaran pelajar di Texas-US pada 2021-2022.

YTC merupakan sebuah gerakan yang didirikan dan dedikasikan untuk berkontribusi pada kehidupan yang berkelanjutan. Novrani mengatakan gagasan awalnya adalah penugasan dari penyelenggara Beasiswa Indonesia Maju (BIM) bagi setiap penerima beasiswa untuk membuat suatu proyek sosial. “Tapi alhamdulillah karena pihak sekolah dan teman-teman saya sangat mendukung gerakan ini dan kita berkolaborasi untuk eksekusinya,” ujarnya.

BIM adalah program Pusprenas Kemdikbud Ristek yang memfasilitasi siswa-siswa berprestasi di seluruh Indonesia untuk persiapan dan pengiriman kuliah strata satu (S1) di universitas-universitas top dunia.  Novrani saat ini tercatat sebagai siswa SMA Model Terpadu Madani yang berhasil menjadi penerima beasiswa persiapan S1 luar negeri dari BIM. (rb)

 

Latest article

More articles

WeCreativez WhatsApp Support
Silahkan hubungi kami disini kami akan melayani anda 24 Jam!!