24 July 2024
25.9 C
Palu

Gubernur Hadiri Imlek di Waterfall Milenium

Must read

PALU – Gubernur Sulawesi Tengah H Rusdy Mastura menghadiri perayaan Imlek 2574 Kongzili (2023 M) di Waterpark Milenium Palu, Minggu (22/1). Perayaan Imlek ini dirangkaikan dengan Soft Opening Waterfall 12 Chinese Zodiac (CZ), spot hiburan yang dimiliki Milenium Waterpark.

Kehadiran Cudi, sapaan akrab Rusdy mastura menambah keakraban perayaan Imlek yang diselenggarakan Paguyuban Sosial Marga Tinghoa Indonesia (PSMTI) Sulteng. Hadir pula Forkopimda diantaranya Kejati Sulteng Agus Salim SH MH, Kapolres Palu Kombes Pol Barliansyah, Kabid Humas Polda Sulteng Kombes Pol Didik Supranoto, Dirlantas Polda Sulteng Kombes Pol Kingkin Wisuda.

Sembari menikmati keindahan air terjun alami, undangan disuguhi atraksi barongsai tiga naga yang menambah semarak Imlek. Anak-anak, tua muda, koko cici, mengenal warisan leluhur budaya Tionghoa dalam setiap tradisi perayaan Imlek.

Gubernur mengatakan, Imlek merupakan keragaman budaya dan agama Indonesia yang telah diakui oleh Negara. “Tahun baru Islam, Tahun Baru Masehi itu bagian peradaban di dunia yang masuk di Sulawesi Tengah yang membentuk (akulturasi) sehingga kita jadi cerdas semua. Suatu masa, bangsa Indonesia bangsa yang betul multi etnis. Bisa menghargai semua budaya,” kata Cudi.

Tahun Baru Imlek 2023 adalah Tahun Kelinci, lebih tepatnya, Kelinci Air. Tahun Kelinci Air dimulai dari 22 Januari 2023 sampai dengan 9 Februari 2024.

Ketua PSMTI Sulteng Wijaya Chandra mengatakan, tahun kelinci atau shio kelinci harus semakin lincah dan semakin penuh semangat. “Karena itulah dibutuhkan kehidupan lebih baik dibutuhkan semangat, doa dan kebajikan,” kata Ko Awi.

Bagi warga Tionghoa di Sulteng, Imlek tahun ini terasa istimewa karena bisa dilaksanakan sesuai tradisi tidak seperti Covid-19. Menurut Ketua Majelis Agama Buddha Sulteng ini, Imlek tahun ini merasa lebih bebas walaupun tetap menjalani protokol kesehatan yang ada.

“Kebaktian, ibadah dan kegiatan-kegiatan yang sesuai tradisi Imlek telah dilaksanakan penuh oleh teman-teman kerukunan Tionghoa yang melaksanakannya. Rasa syukur dan terimakasih kepada Tuhan Yang Maha Esa, kita semua diberikan kesempatan untuk berbuat baik, menanam kebaikan, berbagi jasa, bergaul dan bersilaturahmi kepada para sahabat,” ujar Ko Awi.

Silaturhami imlek dihadiri langsung Gubernur, Kejati dan jajaran lainnya, tentunya itu sebuah harapan positif kedepannya, bahwa semua unsur yang ada ini bisa kembali bangkit dan kuat berkembang.(bar)

Latest article

More articles

WeCreativez WhatsApp Support
Silahkan hubungi kami disini kami akan melayani anda 24 Jam!!