19 May 2024
29.5 C
Palu

Makan Nasi Berlebihan Picu Penyakit Diabetes

Hipertensi dan Diabetes Penyakit Mendominasi di Kota Palu

Must read

PALU – Dua jenis penyakit yang paling banyak diderita pasien warga di Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah adalah Hipertensi dan Diabetes.

Hal itu disampaikan dokter Idham saat memberikan penyuluhan kesehatan kepada peserta pemeriksaan kesehatan gratis yang digelar Astra Credit Companies (ACC) di kantor Kelurahan Duyu, Kamis pagi (25/5/2025). “Berdasarkan data BPS, di Kota Palu ini penyakit yang diderita paling banyak adalah penyakit Hipertensi atau orang sering sebut darah tinggi dan Diabetes atau sering dikenal dengan penyakit gula,” ujarnya.

Menurutnya, pemicu meningkatnya dua penyakit tersebut, Hipertensi dan Diabetes adalah dari pola makan. Dimana penderita Hipertensi terlalu berlebihan mengonsumsi makanan yang tinggi garam dan penderita Diabetes dipicu berlebihan mengonsumsi makanan yang mengandung gula tinggi dan karbohidrat tinggi. Salah satunya contoh, terlalu banyak mengonsumsi nasi. “Jadi 80 persen pemicu penyakit dari pola makan. Misalnya diabetes tinggi atau gula tinggi bisa dipicu karena terlalu banyak makan nasi. Dianjurkan makan nasi itu banyaknya ukuran segenggam saja, sisanya perbanyak sayuran dan buah,” jelasnya.

Selain itu, dokter menambahkan, selain menjaga pola makan yang sehat dan teratur, juga dianjurkan ada aktivitas gerak tubuh. Tidak harus olahraga, jalan dan aktivitas ringan yang mengeluarkan keringat selama 10 sampai 15 menit rutin dilakukan. “Yang juga perlu diingat harus rutin periksakan diri ke fasilitas kesehatan yang ada, seperti puskesmas,” pungkasnya. (*/ron)

Latest article

More articles

WeCreativez WhatsApp Support
Silahkan hubungi kami disini kami akan melayani anda 24 Jam!!