15 June 2024
28.5 C
Palu

Destinasi Touna, Poso dan Donggala Favorit Kunjungan Wisatawan Mancanegara

Must read

PALU – Animo kunjungan wisatawan khususnya wisatawan mancanegara (Wisman) di beberapa destinasi wisata di Sulawesi Tengah (Sulteng) terus menunjukkan peningkatan.

Ada tiga kabupaten di Sulteng yang memiliki spot wisata favorit bagi wisman yakni, di Kabupaten Poso salah satunya destinasi wisata megalitikum lembah lore, destinasi wisata alam danau tambing di kawasan taman nasional Lore Lindu, kemudian di Kabupaten Touna dengan beberapa spot keindahan pantai dan keindangan underwater di Pulau Toegan dan di Kabupaten Donggala, selain pantai juga keindahan underwater di Tanjung Karang.

Kepala Dinas Pariwisata Sulawesi Tengah (Sulteng), Dra. Diah Agustiningsih, M.Pd mengatakan, selama 2022 tingkat kunjungan Wisman ke Sulawesi Tengah dibeberapa destinasi yang ada mencapai 5.000 lebih kunjungan. “Jadi untuk di beberapa destinasi yang ada di kita ini, seperti destinasi Megalitikum dan underwater menjadi destinasi minat khusus yang bisa menjadi destinasi kunjungan long stay. Untuk satu destinasi saja di Togean dari Januari sampai April total jumlah kunjungan wisman bisa sampai  681 orang ,” kata  Diah, Sabtu (27/5/2023).

Diah menjelaskan, dengan adanya potensi-potensi destinasi wisata yang ada di Sulteng, khususnya destinasi minat khusus pihaknya melalui Dinas Pariwisata Sulteng mendorong untuk bisa berskala nasional. Agar para investor yang ingin ikut mengambil bagian mengelola potensi pariwisata di Sulteng bisa masuk.

Dengan demikian bisa membangun industri-industri pariwisata Sulteng lebih meningkat, seperti jasa transportasi, agen-agen travel perjalanan wisata, pemandu-pemandu wisata, perhotelan dan bandara juga mau tidak mau akan terbuka dan mengalami peningkatan jumlah penumpang penerbangan. “Yang kami akan lakukan kedepan menyambungkan komunikasi pihak-pihak yang terlibat dalam industri pariwisata, melalui asosiasi industri jasa travel seperti agen jasa travel, pihak Perhimpunan Hotel dan Restoran (PHRI) dan pihak terkait lainnya, termasuk pihak media yang akan membantu publikasi potensi-potensi pariwisata dan sarana pendukungnya,” terangnya.

Selain itu, Diah menguraikan, untuk paket-paket destinasi wisata yang ada di Sulteng sudah bisa dilihat secara lengkap baik di website kementerian pariwisata maupun di website Dinas Pariwisata Sulteng. “Jadi semua paket wisata yang ada di daerah Sulteng itu sudah tersedia penjelasannya di website kementerian pariwisata maupun di website pariwisata Sulteng. Inilah yang kedepan akan kami gencarkan lagi publikasinya di media-media dan membangun komunikasi dengan pihak-pihak terkait dengan industry pariwisata,” pungkasnya. (ron)

Latest article

More articles

WeCreativez WhatsApp Support
Silahkan hubungi kami disini kami akan melayani anda 24 Jam!!