19 May 2024
29.5 C
Palu

BPJamsostek Sulteng Sosialisasi Perlindungan Pekerja Ekosistem Se Kabupaten Sigi

Must read

SIGI – Guna membangun pemahaman yang benar terkait dengan BPJS Ketenagakerjaan kepada aparatur kepala Desa dan Pemerintah Daerah, BPJamsostek Cabang Sulawesi Tengah, Jumat (12/05/2023) menggelar Sosialisasi Perlindungan Pekerja Ekosistem Desa Se-Kabupaten Sigi.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sulawesi Tengah Lubis Latif, mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya pihaknya dalam memberikan informasi yang lengkap bagi seluruh kepala desa terkait dengan manfaat menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan serta kebijakan pemerintah Kabupaten Daerah yang mendorong seluruh pemerintah Desa untuk memberikan perlindungan sosial ketenagakerjaan bagi pekerja rentan tak terkecuali aparatur desa yang ada.

“Kita lakukan sosialisasi perlindungan Pekerja untuk Ekosistem Desa termasuk kepala Desa, aparatur desanya karena memang sudah dianggarkan sisa masing-masing kepala Desa untuk melakukan realisasi karena pemerintah kabupaten Sigi sudah menganggarkan. Jadi harapannya dengan kegiatan ini semua kepala Desa dan Aparatur Desa bisa paham, sehingga nanti mereka terdaftar sebagai peserta, kemudian kita juga berharap aparatur desa bisa mendorong masyarakat pekerja mandiri juga memiliki perlindungan ketenagakerjaan,”jelasnya.

Pada kesempatan yang sama Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi Nuim Hayat mengaku bersyukur dengan adanya BPJS Ketenagakerjaan, mengingat hingga saat ini Pemerintah Kabupaten Sigi dapat melihat langsung besarnya manfaat yang diberikan baik bagi peserta maupun ahli waris peserta yang didaftarkan oleh Pemkab Sigi, dimana jumlah santunan diyakini mampu membantu perekonomian keluarga peserta yang ditinggalkan.

“Kepesertaan BPJamsostek ini saya rasa sangat penting karena besar sekali manfaatnya bagi masyarakat, sehingga kami juga berencana untuk mengusulkan ke Dewan sejumlah pekerja seperti pak imam, pegawai sara dan pendeta menjadi peserta BPJS ketenagakerjaan, harapannya nanti tidak hanya aparatur desa yang didaftarkan jadi peserta BPJS ketenagakerjaan,” terangnya.

Pada kegiatan tersebut BPJamsostek juga menyalurkan santunan bagi ahli waris peserta, yakni Ahli Waris Alm. Badrun yang merupakan peserta Aparat DesaTuwa Kecamatan Gumbasa, Ahli Waris Alm. Musa Lule Aparat Desa Lawua Kecamatan Kulawi Selatan dan Ahli Waris Alm. Hasan yang merupakan Tenaga Honorer Dinas PMD Kabupaten Sigi dengan masing-masing santunan sebesar Rp. 42.000.000. (*/ron)

Latest article

More articles

WeCreativez WhatsApp Support
Silahkan hubungi kami disini kami akan melayani anda 24 Jam!!