15 June 2024
28.5 C
Palu

Lolos Liga Profesional, Futsal Sulteng Ukir Sejarah

Must read

PALU– Prestasi membanggakan diraih cabang olahraga futsal Sulawesi Tengah. Untuk kali pertama dalam sejarah, klub futsal berhasil menembus liga profesional yang merupakan kasta tertinggi kompetisi futsal di Indonesia. Kepastian itu diperoleh setelah klub futsal Moncong Bulo Muda (Sulawesi Tengah) berhasil menembus babak final Liga Futsal Nusantara tahun 2023.

Di babak final yang berlangsung Minggu (2/7/2023) besok, Moncong Bulo Muda FC akan menghadapi Kinantan FC (Sumatera Utara). Kedua tim yang berlaga di partai puncak ini sudah dipastikan lolos ke liga profesional tahun 2023/2024. Kedua tim merebut tiket ke liga profesional menggantikan dua tim yang terdegradasi. Sehingga apapun hasil pertandingan Minggu esok tak berpengaruh lagi.

Moncong Bulo Muda FC lolos ke babak final Liga Futsal Nusantara 2023 setelah di semifinal berhasil menyingkirkan tim kuat Excellent (Jawa Barat ) dengan skor 5-4. Babak semifinal yang digelar di Tegal Selatan, Jawa Tengah, Sabtu (01/7/2023) sore ini berlangsung seru dan menegankan.

Excellent FC sempat unggul lebih dulu di awal babak pertama 1-0 ketika pertandingan baru berlangsung dua menit. Gol tersebut  melecut semangat anak-anam Moncong Bulo Muda.  Lima menit kemudian, tim asuhan Ridwan Basri ini berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Bahkan tak lama berselang, pivot andalan Moncong Bulo Muda, Zehdi berhasil membawa timnya unggul 2-1.Bahkan sebelum turun minum, Moncong Bulo Muda menambah keunggulan menjadi 3-1.

Tertinggal 1-3 di babak pertama, membuat Excellent FC yang mengenakan seragam biru-biru berusaha bangkit dan tampil menyerang. Upaya ini membuahkan hasil dengan memperkecil ketertinggalannya menjadi 2-3. Namun Moncong Bulo Muda yang tampil dengan seragam kebesarannya hijau-hijau kembali tampil agresif dan terus menekan pertahanan lawan. Hasilnya, dua buah gol tercipta dalam waktu lima menit. Moncong Bulo unggul jauh 5-2.

Tertinggal 2-5 membuat Excellent FC tidak punya pilihan kecuali tampil menyerang dan menggunakan power play. Strategi ini terbukti jitu, di lima menit terakhir pertandingan ,anak-anak muda Jawa Barat ini berhasil mencetak dua gol. Skor menjadi 4-5. Situasi ini menjadi tegang setelah waktu menyisahkan 1 menit lagi.

Namun meski digempur habis-habisan, Moncong Bulo Muda FC berhasil mempertahakan keunggulannya.

Kemenangan ini disambut meriah para pengurus Asosiasi Futsal Provinsi Sulawesi Tengah yang menyaksikan nonton bareng lewat layar lebar di Lapangan Futsal Novega. Ketua Asosiasi Futsal Provinsi  Sulawesi Tengah Syamsuddin dan sekretarisnya Andi Acap Pettalolo langsung berangkulan dan bersalaman.

Demikian halnya dengan penonton lainnya yang hadir dan ikut nonton bareng. ‘’Alhamdulillah. Ini sangat membanggakan. Ini sejarah bagi futsal Sulawesi Tengah. Terima kasih buat doa dan dukungan semua teman-teman dan masyarakat Sulawesi Tengah,’’ujar Syamsuddin.

Sementara itu, Pelatih Kepala Moncong Bulo Muda FC, Ridwan Basri juga menyampaikan rasa syukurnya atas lolosnya tim besutannya. ‘’Saya berterima kasih atas dukungan dan doa masyarakat Sulawesi Tengah sehingga mampu berhasil mencapai prestasi hari ini,’’ujar Ridwan yang akrab disapa Ido ini.(*/win)

Latest article

More articles

WeCreativez WhatsApp Support
Silahkan hubungi kami disini kami akan melayani anda 24 Jam!!