15 June 2024
28.5 C
Palu

Pimpinan DPRD Minta Pemkot Atasi Banjir di Balaora

Must read

PALU- Wakil Ketua II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palu, Rizal dg Sewang, meminta Pemerintah Kota Palu untuk menyelesaikan masalah banjir yang kerap terjadi di Kelurahan Balaroa, Kamis (9/3) malam. Permintaan itu disampaikannya saat menggelar reses di Jalan Manggis Kelurahan Balaroa. Rizal menekankan bahwa akar masalah banjir harus dicari solusinya agar anggaran swakelolanya tidak hanya habis dipengerukkan.

Menurutnya, permasalahan banjir di Balaroa disebabkan oleh pelebaran alur alam yang harus menjadi perhatian Pemkot Palu. Jika hanya dilakukan pengerukkan sedimen terus menerus, maka masalah banjir di Balaroa akan terus terjadi.

“Daripada anggaran habis hanya untuk melakukan pengerukkan sedimen terus menerus, kenapa kita tidak carikan saja akar permasalahannya dan carikan solusinya untuk masalah banjir ini, agar anggaran swakelolanya tidak hanya habis dipengerukkan,”ungkap Rizal.

Rizal juga meminta Pemkot Palu untuk melakukan pelebaran dan pendalaman seluruh drainase, terutama pembuatan drainase besar yang menjadi muara dari semua arah air. Selain itu, Rizal juga berharap Pemkot Palu melakukan penghijauan kembali di daerah pengunungan untuk mengurangi melebarnya alur alam dan mengakibatkan terjadinya banjir.

“Jadi sebaiknya kita carikan solusi dari hulu ke hilir, apalagi kondisi daerah Balaroa ini pengunungan, jika terjadi hujan, air dari yang curam itu turun dengan material dan bebatuan yang mengakibatkan kedalaman drainase semakin rendah,” jelasnya.

Selama kegiatan reses atau jaring aspirasi di Kelurahan Balaroa, Rizal juga menerima beberapa aspirasi lainnya, seperti kurangnya lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) yang menyebabkan rawan kriminalisasi, dan masalah pengangkutan sampah yang belum maksimal, terutama di gang atau lorong.

Selain itu, Rizal menyatakan bahwa pelebaran jalan menuju Huntap sudah dianggarkan tahun ini. Semoga pembangunan dapat segera dilaksanakan karena jalan menuju Huntap memang kecil dan memerlukan pelebaran agar dua mobil bisa lewat.

”Kemudian untuk pelebaran jalan menuju Huntap itu sudah dianggarkan tahun ini, semoga bisa secepatnya, karena jalan menuju Huntap memang kecil dan perlu pelebaran agar dua mobil itu bisa lewat,” katanya.(who)

Latest article

More articles

WeCreativez WhatsApp Support
Silahkan hubungi kami disini kami akan melayani anda 24 Jam!!