19 May 2024
29.5 C
Palu

Waktu Reses Berubah, Ranperda Tatib DPRD Disetujui

Must read

PALU- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palu menggelar rapat Paripurna, Selasa (16/5), yang dipimpin langsung oleh Wakil Ketua Erman Lakuana dan dihadiri oleh Asisten I Setda Kota Palu, Rizal. Rapat tersebut membahas laporan dari Pansus II tentang perubahan kedua atas peraturan DPRD Nomor 2 tahun 2018 tentang tata tertib dan persetujuan fraksi yang ada di DPRD.

Dalam rapat Paripurna tersebut, Pimpinan rapat Erman Lakuana menyampaikan bahwa Pansus II dibentuk pada tanggal 5 November 2022 dan diberikan amanah oleh Paripurna untuk membahas dua rancangan produk hukum daerah yang bersifat aturan. Yakni, Rancangan peraturan daerah (Ranperda) tentang penyelenggaraan perizinan perusahaan dan Rancangan peraturan DPRD Kota Palu terkait perubahan kedua atas peraturan DPRD
Nomor 1 2026 tentang tata tertib.

“Paripurna memberikan tenggang waktu untuk melakukan pembahasan, dimulai dari tanggal 7 hingga November tahun 2022 selama lima hari kerja,”ungkapnya. Setelah Ketua Pansus II H. Astam Abdulah membacakan laporannya, pimpinan rapat meminta masukan dan persetujuan anggota DPRD Kota Palu atas laporan tersebut. Namun tidak ada sanggahan dari peserta rapat.

Sehingga dinyatakan bahwa Paripurna menyetujui hasil kerja Pansus II, sebagai rangkaian proses pembahasan produk hukum daerah, sebagaimana yang diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan. Erman menyampaikan, bahwa tanggapan seluruh Fraksi atas kerja Pansus II menyetujui, dari Sembilan fraksi ada delapan yang menyetujui. “Sehingga dengan selesainya laporan dari Pansus II, maka Ranperda Perubahan kedua atas Peraturan DPRD nomor 1 tahun 2018 tentang Tatib,”ujarnya.

Dalam Ranperda tersebut, terdapat pasal 138 yang menyampaikan bahwa masa reses dilaksanakan paling lama enam hari dalam satu kali reses, dimana pelaksanaan reses dapat dilaksanakan dengan berkelompok atau perorangan. Diketahui bahwa sebelumnya reses dilaksanakan selama 14 hari.(who)

Latest article

More articles

WeCreativez WhatsApp Support
Silahkan hubungi kami disini kami akan melayani anda 24 Jam!!