24 July 2024
25.9 C
Palu

Mualaf Center Indonesia Peduli Sapa dan Silaturahmi dengan Muslim di Pedalaman

Must read

PALU – Bulan suci Ramadan telah tiba, dan itu artinya umat muslim di seluruh dunia siap untuk melipat gandakan ibadah mereka. Selain meningkatkan ibadah, bulan Ramadan juga identik dengan tradisi-tradisi yang sangat ditunggu-tunggu. Salah satu di antaranya adalah tradisi buka puasa bersama.

Tradisi buka puasa bersama biasanya menjadi ajang berkumpul keluarga, sanak saudara, dan para sahabat. Di saat itulah, seluruh keluarga bisa berkumpul dan menikmati hidangan lezat setelah seharian berpuasa. Tradisi ini juga kerap dimanfaatkan sebagai ajang reunian dengan keluarga dan teman-teman yang sudah lama tidak bertemu.

Namun, bagi sebagian orang, tradisi buka puasa bersama juga dimanfaatkan untuk kegiatan sosial dan berbagi kebahagiaan dengan orang yang kurang mampu. Seperti halnya yang dilakukan Team Mualaf Center Indonesia (MCI) Peduli Regional Sulawesi Tengah yang akan menggelar kegiatan buka puasa bersama Masyarakat Muslim Pedalaman, guna berbagi keberkahan dan untuk memberikan kebahagiaan kepada saudara-saudari muslim yang tinggal di daerah pedalaman.

Ketum MCI-Peduli Sulawesi Tengah, Heryadi, S.Agr, mengungkapkan kegiatan ini bertujuan untuk menyapa dan bersilaturahmi dengan saudara-saudari muslim yang tinggal di daerah pedalaman. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan semangat kepada masyarakat muslim yang hidup dalam keadaan yang cukup memprihatinkan, namun masih memiliki semangat yang tinggi untuk beribadah.

“Kegiatan ini akan berlangsung selama empat hari di empat titik yang berbeda, yaitu di Kabupaten Poso tepatnya di esa Majulea dan Desa Ratoombu dan Kabupaten Touna tepatnya di esa Tombiano dan Desa Taki Bangke,” ujarnya kepada Radar Sulteng via WhatsApp, Rabu (5/4) kemarin.

Heryadi menambahkan selain buka puasa bersama, Team Mualaf Center Indonesia Peduli Sulteng juga membawa dai untuk mengisi ceramah tarawih dan kultum subuh bagi masyarakat di sana, program ini katanya terlaksana berkat kolaborasi dengan Komunitas SKUT Poso.

“Meskipun keadaan mereka memprihatinkan, semangat mereka untuk beribadah tetap tinggi. Dalam semangat Ramadan ini, kami berharap dapat memberikan yang terbaik kepada kaum muslimin di mana pun mereka berada. Alhamdulillahilladzi Bini’matihi Tatimmush Shalihat,” pungkasnya.

Berdasarkan, jadwal yang dirilis, Kamis (6/4) hari ini kegiatan akan dilaksanakan di Kabupaten Touna di Desa Tombiano, Dusun Manjapu, sedangkan pada Jumat (7/4) masih akan dilaksanakan di Kabupaten Touna di Desa Taki Bangke. Sementara Sabtu (8/4) dilaksanakan di Kabupaten Poso di Desa Majulea dan Minggu (9/4) di Desa Ratoombu.(win)

Latest article

More articles

WeCreativez WhatsApp Support
Silahkan hubungi kami disini kami akan melayani anda 24 Jam!!