19 May 2024
29.5 C
Palu

Nelayan Monano Hilang, Tim SAR Lakukan Pencarian

Must read

BUOL-Salah seorang nelayan, warga Desa Monano Kecamatan Karamat, Kabupaten Buol Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Djaapar Hum, dikabarkan hilang. Diduga nelayan ini hilang disebabkan jatuh ke laut saat memancing, Sabtu 11 November 2023.

“Kami menerima kabar bahwa salah seorang warga Desa Monano bernama Djaafar Hum, hilang saat sedang memancing di laut, di perairan Desa Monano Kecamatan Karamat, Kabupaten Buol, “ kata salah seorang relawan tim SAR Buol, Moh. Ramly Bantilan kepada media ini, Minggu (12/11/2023).

Menurut Ramly, setelah dirinya bersama tim SAR menerima informasi pada Sabtu 11 November 2023, sekitar pukul 05.30 Wita, mereka langsung bergerak melakukan pencarian. Dengan terlebih dahulu melakukan identifikasi korban Djaapar Hum, alamat Dusun II, RT 004 RW 002, Desa Monano Kecamatan Karamat, umur 60 tahun, jenis kelamin lakilaki, pekerjaan nelayan, dan suku Buol.

Adapun saksi-saksi dari peristiwa ini, Suleman, juga warga Desa Monano Kecamatan Karamat, umur 45 tahun, jenis kelamin lakilaki, pekerjaan petani, suku Buol.

Dijelaskan Ramly Bantilan, berdasarkan keterangan Suleman, sekitar pukul 06.30 Wita, telah melihat dari kejauhan sebuah perahu sedang berputar-putar di tengah laut, dimana saat itu dirinya sedang memancing. Selanjutnya saksi menghampiri perahu tersebut.

Setelah itu, Suleman melihat ke perahu korban saat itu mesin sedang menyala serta pemilik perahu tidak terlihat lagi. Adapun yang berada di dalam perahu hanya terlihat alat pancing korban serta perbekalannya.

Selanjutnya, Suleman melaporkan kepada keluarga dan aparat desa setempat untuk melihat bersama-sama di tempat kejadian (TKP) korban tenggelam.

Berdasarkan keterangan istri korban, Sahaya, korban sekitar pukul 05.30 Wita berpamitan pergi memancing ke laut seorang diri. Namun pada pukul 06.45 Wita keluarga korban telah menerima informasi dari nelayan yang saat itu sedang melaut. Berdasarkan informasi itu, pihak keluarga melaporkan hal tersebut kepada pemerintah untuk dilakukan pencarian.

Sebelum melapor, keluarga korban memiliki keterangan yang cukup penting bahwa diduga korban jatuh ke laut saat menghidupkan mesin perahu. Fatalnya lagi, korban tidak bisa berenang yang menyebapkan korban hilang.

Info terkini, sampai pukul 12.00 Wita, pihak keluarga dan masyarakat serta pemerintah Desa Monano masih terus melakukan pencarian korban.
Pada pukul 13.00 Wita, tim Komunitas Relawan Bencana (KRB) Kabupaten Buol tiba di TKP dan melakukan koordinasi dengan pihak pemerintah Desa Monano dan Kapolsek Biau serta pihak keluarga.

“Pukul 14.00 Wita, tim KRB Kabupaten Buol bersama TNI Polri dan masyarakat melakukan pencarian di sekitaran korban jatuh sampai pada pukul 17.00 Wita. Tetapi, hasilnya masih nihil, “ ucap Moh Ramly Bantilan.

Dikatakan Ramly, selaku Sekretaris KRB Kabupaten Buol, pencarian akan dilanjutkan besok pagi pada pukul 07.30 Wita, dan akan dipimpin oleh Basarnas Tolitoli.(mch)

Latest article

More articles

WeCreativez WhatsApp Support
Silahkan hubungi kami disini kami akan melayani anda 24 Jam!!