14 April 2024
24.6 C
Palu

Rekonsiliasi Menata Hutan dan Pertambangan di Sulteng

Must read

PALU-Anggota DPRD Sulteng, Ir. Elisa Bunga Allo, M.Si, kepada Radar Sulteng sangat mendukung adanya Rapat Kerja Daerah (Rakerda) di Kabupaten Morowali yang digagas Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Dinas Kehutanan Sulteng yang membahas hutan dan pertambangan di Sulawesi Tengah (Sulteng).

Sebagai anggota dewan dirinya berharap dari pertemuan itu ada rekonsiliasi seluruh stakeholder untuk menatap perkebambangan pembangunan di bidang kehutanan dan pertambangan di Sulawesi Tengah ini.

“ Saya berharap ada rekonsoiliasui dalam menatakelola antara hutan dan pertambangan, “ ujarnya.

Kepada media ini mantan Kepala Dinas (Kadis) Kehutanan Kabupaten Buol ini menjelaskan terkadang dalam pengelolaan hutan di atasnya sudah tergarap lagi kegiatan pertambangan. Hal ini mestinya dilakukan telaahan yang sangat bijak dari pemangku kepentingan. Agar tidak terjadi gesekan.

“Saya berharap dalam tata kelola antara hutan dan pertambangan tidak ada yang dirugikan, tetapi bisa berkolaborasi penuh kehati-hatian. Terutama jangan sampai ada kerusakan hutan lagi, “ tandasnya.

Sebelumnya, Dinas ESDM dan Dinas Kehutanan Sulteng sukses menggelar Rakerda yang berlangsung 30 Januari sampai dengan 1 Februari 2023, di Kabupaten Morowali, Rabu (01/02/2023).

Pada hasil rumusan dalam rakerda tersebut, terdapat penambahan 15 point permasalahan prioritas yang akan ditindaklanjuti melalui solusi inovatif dalam pengelolaan sumberdaya alam (SDA) yang disinergikan dengan Dinas ESDM, Dinas Kehutanan, UPT Kementerian terkait, pelaku usaha pertambangan, serta perangkat daerah terkait yang ada di Kabupaten.

Dalam sambutannya, Kadis ESDM Sulteng sekaligus Plt. Kadis Kehutanan Ir. A. Rachmansyah Ismail, M.Agr, MP, saat menutup secara resmi rakerda tersebut mengatakan, bahwa kegiatan ini diprakarsai guna melakukan perubahan di bidang ESDM dan Kehutanan bersama UPT Kementerian terkait beserta OPD kabupaten dan pelaku usaha yang selama ini belum adanya sinergitas yang baik.

“Perubahan ini saya lakukan sebagai wujud tanggung jawab saya yang diberikan amanah dari Bapak Gubernur Sulawesi Tengah selaku Kepala Dinas ESDM dan Dishut, ” ucap Rachmansyah.

Rachmansyah mengucapkan rasa terima kasih kepada para pemangku kepentingan dan dinas terkait yang telah berpartisipasi memberikan sumbangsi pikiran, saran maupun pendapat dalam kesuksesan acara tersebut.

“Hal itu sebagai bentuk pengabdian dalam pengelolaan sumber daya alam berkelanjutan dan berwawasan lingkungan untuk membangun Sulawesi Tengah yang lebih sejahtera dan lebih maju,”ujarnya.
Diakhir sambutannya, Rachmansyah berharap, agar sinergitas ini tidak sebatas pada kegiatan rapat kerja saja. Akan tetapi sebagai langkah awal perubahan dalam bekerjasama dan kolaborasi antara semua pihak atau para pemangku kepentingan terutama Dinas ESDM dan Dinas Kehutanan selaku institusi pelaksana regulator dalam pelestarian sumber daya energi dan kelestarian sumber daya hutan.(mch)

Latest article

More articles

WeCreativez WhatsApp Support
Silahkan hubungi kami disini kami akan melayani anda 24 Jam!!