24 July 2024
25.9 C
Palu

BRI Poso Gelar Upacara HUT ke 128

Must read

POSO-Jajaran BRI Poso, menggelar upacara peringatan HUT BRI ke 128 dengan tagline Kuat dan Hebat. Upacara ini dipimpin oleh Pimpinan Cabang (Pinca) BRI Poso Niko Adiwena Perdana dan dikuti oleh seluruh peserta upacara, di halaman kantor BRI Poso, Sabtu (16/12/2023).

Pinca BRI Poso, Niko Adiwena Perdana, membacakan sambutan dan amanah dari Direktur Utama BRI Persero Tbk, Sunarso. Dirut menyampaikan, dalam rangka upacara memeringati Hari Ulang Tahun (HUT) BRI ke-128. Pada kesempatan ini, saya ingin menyampaikan beberapa hal sebagai berikut.

Pertama, terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh Insan BRILian atas kerja keras, cerdas, dan ikhlasnya sehingga BRI pada tahun 2022 yang lalu mencatatkan laba bersih senilai Rp 51,4 triliun.

“Ini merupakan rekor tertinggi dalam sejarah BRI sejak didirikan, juga menjadi catatan yang prestisius karena BRI menjadi perbankan pertama di Indonesia yang mampu menembus laba di atas Rp 50 triliun, “ kata Sunarso.

Demikian juga pada tahun 2023 ini, selama sembilan bulan kinerja BRI secara konsolidasian dapat saya sampaikan sebagai berikut, tentang asset sebesar Rp 1.852 triliun dan tumbuh 9,9 persen YoY. Kemudian kredit sebesar Rp 1.250 tumbuh 12,5 persen YoY. Simpanan, sebesar Rp 1.290 triliun, tumbuh 13,2 persen YoY. CASA 63,64 persen. NPL 3,07 persen, membaik -0,02 persen YoY. LDR 87,76 persen. Laba Rp 44,21 triliun, tumbuh 12,5 persen YoY 3.

“Atas pencapaian tersebut, sekali lagi saya sampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya untuk seluruh pekerja BRI Group, “ ucapnya.

Kedua, kinerja cemerlang BRI Group juga banyak mendapat apresiasi dan penghargaan dari berbagai pihak. Sepanjang tahun 2023, BRI menerima lebih dari 190 awards baik yang bertaraf nasional maupun internasional. Adapun beberapa penghargaan tersebut antara lain, Forbes Global 2000 menobatkan BRI sebagai World Largest Company In Indonesia, peringkat #1 di Indonesia dan peringkat #307 di dunia, naik dari peringkat #349 tahun lalu.

Euromoney menobatkan BRI sebagai Market Leader in Indonesia dan Best Service di Asia Pacific. Selanjutnya, Asia Money menobatkan BRI sebagai Best Domestic Bank in Indonesia, Best Domestic Private Bank in Indonesia, dan Market Leader Trade Finance (Asian Banks) in Indonesia. Finance Asia menganugerahkan 9 Award ke BRI, beberapa diantaranya Best Financial Company (Gold) Best Corporate ESG Strategy (Gold), Best Overall Company (Gold), dan termasuk Best CEO untuk Direktur Utama BRI 4 5. The Asset Triple A menobatkan BRI sebagai Best Issuer for Sustainable Finance, Best Sustainability-Linked Loan, Best Private Bank for High Net Worth Individual in Indonesia.

Setelah itu, Global Finance menobatkan BRI sebagai Best Bank in Indonesia. Brand Finance memberikan predikat kepada BRI sebagai “The Most Valuable Brand in Indonesia” (peringkat 1 di Indonesia) Berbagai penghargaan ini tentunya semakin memotivasi kita untuk tidak pernah berhenti untuk menjadi dan memberi yang terbaik kepada BRI dan negeri ini.

Ketiga, Direksi juga memberikan ucapan selamat dan apresiasi kepada para yubilaris atas darma bakti yang diberikan kepada perusahaan selama 15 tahun, 20 tahun, 25 tahun, 30 tahun dan 35 tahun terus-menerus tanpa terputus dan tercela. Tahun ini secara nasional tercatat jumlah pekerja yang menerima penghargaan adalah sebanyak 2.069 orang dengan rincian sebagai berikut, penghargaan 15 tahun masa kerja sebanyak 176 orang. Penghargaan 20 tahun masa kerja sebanyak 1.199 orang. Penghargaan 25 tahun masa kerja sebanyak 224 orang. Penghargaan 30 tahun masa kerja berjumlah 240 orang. Penghargaan 35 tahun masa kerja berjumlah 230 orang.

Kepada para yubilaris, Direksi mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas sumbangsih dan kontribusinya kepada Perusahaan. Namun demikian, kita juNamun demikian, kita juga prihatin karena pada periode Januari sampai dengan Oktober 2023, telah terjadi 280 kejadian fraud yang melibatkan 352 pekerja BRI mulai dari level jabatan Pemimpin Unit Kerja (Pemimpin Cabang, Pemimpin Cabang Pembantu, Kepala Unit), Tenaga Pemasar, Frontliner, Satpam sampai dengan Cleaning Service.

Terhadap kejadian ini kita sudah mengambil tindakan tegas dengan melakukan hukuman disiplin berupa PHK terhadap 117 pekerja yang terbukti fraud. Fraud memiliki dampak yang signifikan dan bersifat multi effect.

Selain kerugian finansial, fraud juga dapat merusak reputasi bank dan menimbulkan risiko-risiko lainnya yang dapat merusak citra Bank sebagai lembaga kepercayaan. Oleh karena itu, diperlukan peningkatan budaya sadar risiko, mari kita jaga diri sendiri, jaga kawan sendiri, dengan begitu kita bersama-sama sedangOleh karena itu, diperlukan peningkatan budaya sadar risiko, mari kita jaga diri sendiri, jaga kawan sendiri, dengan begitu kita bersama-sama sedang menjaga BRI.

Tema Hari Ulang Tahun BRI ke-128 tahun adalah ”Kuat dan Hebat”. Tema ini menggambarkan perjalanan panjang BRI sebagai institusi yang telah tumbuh dan berkembang selama 128 tahun dan tak lepas dari dari peran seluruh Insan BRILian yang berkomitmen untuk terus memajukan BRI. Sejak didirikan pada tanggal 16 Desember 1895, Bank Rakyat Indonesia telah menjadi bagian tak terpisahkan dari perjalanan ekonomi negeri ini.

“Keberhasilan yang telah kita raih tidak hanya mencerminkan ketahanan kita dalam merespons berbagai tantangan, tetapi juga menegaskan tekad kita untuk terus berkembang dan memberikan yang terbaik bagi negara dan masyarakat Indonesia, “ serunya.

“Kepada seluruh insan BRIlian, saya mengucapkan selamat ulang tahun yang ke-128. Mari kita lanjutkan transformasi BRIVolution secara berkelanjutan agar BRI yang kita cintai terus tumbuh semakin Kuat dan Hebat, “ pungkasnya.(bud)

Latest article

More articles

WeCreativez WhatsApp Support
Silahkan hubungi kami disini kami akan melayani anda 24 Jam!!