15 June 2024
28.5 C
Palu

Buka Puasa Bersama dan Curhat Nasib Asrama Buol di Palu

Must read

PALU-Persatuan Pelajar Mahasiswa Indonesia Buol (PPMIB) menggelar buka puasa bersama, dipusatkan di aula asrama mahasiswa dan pelajar Buol di Jalan Watumapida Kota Palu, Sabtu (25/03/2023). Buka puasa bersama ini dihadiri langsung Pj. Bupati Buol Drs. Moh. Muchlis Yojodolo, MM, bersama istri, untuk bersilaturahmi dengan para mahasiswa, dan saling mengenalkan diri.

Buka puasa bersama ini juga dihadiri Tim Ahli Gubernur Sulawesi Tengah Husrin Ahmad, SH., MH, Dekan Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu, Dr. Moh. Rizal Masdul, S.Pd.I., M.Pd.I, Dekan III FAI Unismuh Palu Abdul Mufarik A. Marhum, S.Pd.I., M.Pd.I, dan tokoh masyarakat Buol Samerdan Munggeli, S.Ag., MH.

Mendapat kunjungan di acara buka puasa bersama menjadi momen terbaik bagi mahasiswa, dapat bersama-sama dalam satu meja dengan Plt Bupati Buol yang sangat konsern dengan aktifitas sosial dan pembangunan daerah.

Mahasiswa pada kesempatan tersebut menyampaikan curhatnya, yang mereka alami selama ini di asrama yang melegenda itu. Hal utama yang disampaikan tentu saja masalah fasilitas asrama yang terasa kurang memadai lagi, misalnya plafon aula asrama yang sudah rusak berat, fasilitas air bersih, dan sarana penunjang lainnya. Bangunan asrama pasca gempa belum pernah diperbaiki lagi.

“ Kami butuh keseriusan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buol. Tolong asrama kami ini diperhatikan dan diseriusi pak. Dari tahun ke tahun tidak adalagi sentuhan perbaikan asrama. Karena itu, melalui bapak Bupati kami berharap dengan sangat untuk membantu memperbaiki fasilitas asrama kami ini, “ kata Sekretaris Umum PPMIB Palu, Nurmiati Bahudin, mewakili Ketua Umum PPMIB Palu.

Dia berharap Pemkab Buol bisa mensuport dan memperhatikan kepentingan anak-anak Buol yang ada di asrama Buol, tidak dianaktirikan. Kemudian, bisa mengembangkan sumberdaya manusia bagi anak-anak Buol yang akan kembali lagi ke daerahnya untuk berpartisipasi dalam setiap gerak langkah pembangunan daerahnya setelah menyelesaikan studynya.

Menanggapi hal itu, Bupati Muol, Moh. Muchlis, mengatakan, Bupati sudah turun langsung dan melihat sendiri kondisi asrama mahasiswa Buol di Palu, dengan berkeliling asrama.

“ Insya Allah kami prioritaskan untuk kita lakukan pembenahan. Nanti mungkin secara teknis saya akan perintahkan Dinas Pekerjaan Umum (PU) untuk coba melihat seperti apa kondisi sarana asrama mahasiswa Buol di Palu ini. Insya Allah nanti kita akan hitung, sehingga bisa secara bertahap dilakukan perbaikan-perbaikan, “ kata Bupati.

Menurutnya, langkah awal yang dilakukan adalah merenovasi, namun bukan untuk bangun baru, karena untuk membangun baru masih terkendala dengan status lahan asrama. “ Mengenai status lahan ini akan kami bicarakan lagi dengan Pemerintah Kabupaten Tolitoli, untuk kita bahas dalam rangka mendapatkan kepastian hukumnya, “ ucapnya.

Bupati juga berpesan kepada para mahasiswa di acara buka bersama, untuk serius menyelesaikan tugas studynya. Mengenai sarana kalau sudah diperbaiki oleh Pemkab Buol tentunya harus dirawat dan dijaga dengan baik.

Menariknya lagi, buka puasa bersama Bupati Buol, mendengarkan tausiyah Ramadan yang dibawakan Dekan III Unismuh Palu, al-ustad Abdul Mufarik A. Marhum, pembawa hikmah Ramadan bagian pertama, dan bagian kedua dibawakan al-ustad Samerdan Munggeli, dengan materi intinya “Motivasi Belajar, Menuntut Ilmu, dan Kiat Menyelesaikan Study di tanah Rantau.”

Nuansa puasa bersama kemarin, berjalan dengan lancar penuh kekeluargaan. Seluruh mahasiswa yang ada di asrama terlihat gembira dan senang dikunjungi Bupati. Menurut salah seorang tokoh masyarakat Buol yang ada di Palu, Sukarno Erlangga, Bupati akan kembali lagi kesini untuk bersilaturahmi kembali dengan para mahasiswa.(mch)

Latest article

More articles

WeCreativez WhatsApp Support
Silahkan hubungi kami disini kami akan melayani anda 24 Jam!!